Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

๐Ÿ”–๐Ÿ”‹
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–

ูˆูŽูŠูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู…ู ุงุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆุง ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูู…ู’ ุซูู…ู‘ูŽ ุชููˆุจููˆุง ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ูŠูุฑู’ุณูู„ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ู…ูุฏู’ุฑูŽุงุฑุงู‹ ูˆูŽูŠูŽุฒูุฏู’ูƒูู…ู’ ู‚ููˆู‘ูŽุฉู‹ ุฅูู„ูŽู‰ ู‚ููˆู‘ูŽุชููƒูู…ู’ ูˆูŽู„ุง ุชูŽุชูŽูˆูŽู„ู‘ูŽูˆู’ุง ู…ูุฌู’ุฑูู…ููŠู†ูŽ

๐Ÿƒ Wahai kaumku, Beristighfarlah kepada Tuhanmu kemudian Bertaubatlah kepadaNya, niscaya Ia akan menurunkan hujan lebat kepada kalian dan akan menambah Kekuatan kalian, dan janganlah kalian berpaling dengan berbuat dosa. (Q.S Huud: 52).

๐Ÿ’Š Istighfar adalah bagaikan โ€˜Dopingโ€™ yang akan melipatgandakan tenaga dan kekuatan seseorang baik lahir maupun batin.

๐Ÿ’ Manfaat ini sebagaimana bacaan Dzikir-dzikir lain yang disunnahkan Nabi Shollallahu Alaihi Wasallam Menjadi penambah energi dalam beraktifitas.

๐ŸŽ Pernah suatu ketika Fathimah Radhiyallahu Anha putri Nabi mendatangi beliau untuk meminta budak sebagai pembantu. Mungkin ada tawanan perang yang bisa membantu aktifitas rumah tangga.

๐ŸŒน Ternyata Nabi tidak memberikan pembantu, tapi justru mengajarkan bacaan sebelum tidur: membaca tasbih (Subhaanallah) 33 kali, membaca tahmid (Alhamdulillah) 33 kali, dan membaca takbir (Allaahu Akbar) 34 kali.

๐ŸŒท Nabi mengatakan bahwa itu lebih baik dibandingkan mendapatkan pembantu. (hadits riwayat alBukhari dan Muslim).

โœ… Para Ulamaโ€™ menjelaskan bahwa Dzikir sebelum tidur tersebut akan memberikan Kekuatan ekstra dalam menjalankan aktifitas esok harinya. Seakan-akan kita mendapatkan bantuan tambahan yang lebih baik dibandingkan ada pembantu.

๐Ÿ“ Demikian juga Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, seperti dikisahkan oleh Ibnul Qoyyim (muridnya) Rahimahumullah. Selepas sholat fajar beliau akan berdzikir dengan dzikir yang panjang hingga menjelang tengah hari. Ibnu Taimiyyah berkata: Ini adalah โ€˜sarapankuโ€™. Jika aku tidak โ€˜sarapanโ€™ dengan ini, hilanglah Kekuatanku.

=====================

๐Ÿ“— Dikutip dari Buku “Sukses Dunia Akhirat dengan Istighfar dan Taubat.”

โ–ถ๏ธ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

================

%d bloggers like this: