Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

عن عائشة رضي الله عنهاقالت : قال رسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ أحَبَّ لِقَاءَ اللهِ أحَبَّ اللهُ لِقَاءهُ وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ كَرِهَ اللهُ لِقَاءهُ فقلتُ : يا رسولَ اللهِ ، أكَراهِيَةُ المَوتِ ، فَكُلُّنَا نَكْرَهُ المَوتَ ؟ قال : لَيْسَ كَذَلِكَ ، ولكِنَّ المُؤْمِنَ إذَا بُشِّرَ بِرَحْمَةِ اللهِ وَرِضْوَانِهِ وَجَنَّتِهِ أحَبَّ لِقَاءَ اللهِ فَأَحَبَّ اللهُ لِقَاءهُ ، وإنَّ الكَافِرَ إذَا بُشِّرَ بِعَذابِ اللهِ وَسَخَطهِ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ وكَرِهَ اللهُ لِقَاءهُ  

Dari Aisyah rosliyallohu anha, berkata : Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa menginginkan perjumpaan dengan Alloh maka Alloh menginginkan perjumpaan dengannya. Barangsiapa yang tidak menginginkan pertemuan dengan Alloh maka Alloh tidak menginginkan pertemuan dengannya.

Aku bertanya : Ya rosululloh, apakah yang dimaksud adalah benci kepada kematian ? Bukankah kita semua benci dengan kematian ? Beliau menjawab : Bukan itu maksudnya, akan tetapi seorang mukmin bila mendapat kabar gembira dari Alloh berupa rahmat Alloh, keridloan dan jannahNya maka ia menginginkan perjumpaan dengan Alloh sehingga Alloh menginginkan perjumpaan dengannya.

Adapun orang kafir saat diberi kabar gembira berupa adzab dan kemurkaanNya, maka ia tidak menginginkan perjumpaan dengan Alloh sehingga Allohpun tidak menginginkan perjumpaan dengannya  [HR Muslim]

Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Seorang mukmin meyakini apa yang Allah janjikan di surga bagi hamba-hamba-Nya yang beriman berupa ganjaran yang besar serta karunia yang luas, maka iapun mencintai hal ini, dan jadilah dunia terasa ringan baginya dan ia tidak perduli kepada dunia karena ia akan berpindah kepada surga yang lebih baik dari dunia.

Tatkala itu iapun rindu bertemu dengan Allah, terutama tatkala datang ajal, iapun diberi kabar gembira dengan keridhaan dan rahmat Allah, iapun rindu berjumpa dengan Allah.” (Syarah Riyaad Al-Shalihin)

Maka diantara doa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah

وَأَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ

“Dan aku memohon kepadaMu keledzatan memandang wajahMu, dan kerinduan untuk berjumpa denganMu.” (HR An-Nasaai, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Oemar mita

%d bloggers like this: