Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Bagian (1)

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian kaum muslimin di dalam shalatnya, yang jika ia melakukan SALAH SATU-NYA maka dapat berakibat MEMBATALKAN shalatnya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1⃣ Mengucapkan takbiratul ihram sebelum imam mengucapkan “Allahu Akbar” untuk takbiratul ihramnya, atau sebelum imam selesai mengucapkannya.

2⃣ Makmum yang terlambat lalu mengucapkan takbiratul ihram ketika ia turun untuk ruku’ atau sujud mengejar ruku’ atau sujudnya imam, yang harus dia lakukan adalah takbiratul ihram dalam keadaan berdiri, kemudian ruku’ atau sujud mengikuti gerakan imam.

3⃣ Apabila seorang makmum mendapatkan imam dalam keadaan ruku’ lalu ia turun untuk ruku’ pada saat imam mulai mengangkat bangkit dari ruku’nya sebelum makmum masbuk tersebut sempurna dan tuma’ninah dalam ruku’nya maka ruku’nya tidak di anggap ruku’ yang sah, sehingga wajib baginya mengulangi, dan jika ia tidak mengulangi atau mengganti rekaat tersebut maka shalatnya tidak sah.

Karena tidaklah dianggap mendapatkan satu rekaat kecuali telah ruku’ bersama imam dengan sempurna dan tuma’ninah, yaitu seukuran membaca dzikir wajib pada ruku’ dengan keadaan tenang.

4⃣ Membaca surat Al-Fatihah, atau dzikir-dzikir dalam shalat dengan di dalam hati tanpa menggerakkan lisan dan kedua bibirnya,  maka shalatnya tidak sah karena tidaklah disebut membaca orang yang hanya terlintas sebuah bacaan di dalam hatinya walaupun ia seolah-olah seperti membaca.

5⃣ Terlambat dari mengikuti gerakan imam dengan sengaja hingga berpindah pada rukun berikutnya, maka shalatnya tidak sah. Seperti imam sujud lalu makmum tidak mengikuti sujudnya kecuali setelah imam bangkit dari sujud untuk duduk diantara dua sujud, maka shalatnya tidak sah. Karena ia dengan sengaja meninggalkan kewajibannya untuk mengikuti imam.

6⃣ ……

Bersambung ke silsilah berikutnya InsyaAllah……

Demikian,  wabillahi at-taufiiq

📚 Diringkas dari risalah “خمسة عشر خطأ تبطل الصلاة”  Syaikh Shalih bin Sulaiman Ar-Rajhi hafidzahullah.
✒Oleh: Andri Abdul Halim, Lc. حفظه الله تعالى

⏩ Sebarkan, mudah2an anda mendapatkan bagian dari pahalanya.

————————–

%d bloggers like this: