Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Alhamdulillah, was sholatu was salamu ala Rosulillah, wa ba’du; 

Para ulama merupakan pewaris para Nabi & Rasul Sallallahu alaihi wa sallam & mereka adalah makhluk paling tahu tentang kebenaran & penuh kasih & sayang kepada sesama makhluk. 

Telah dikisahkan olh Abu Islam Sholih bin Taha Abdul Wa’hid, murid As Syaikh Muhammad Na’siruddin Al-Albany rahimahullah berkata, suatu hari aku mengerjakan sholat subuh di masjid dekat rumah ku, kemudian aku menuju ke rumah As-Syaikh, maka aku menjumpai beliau berada di maktabah (perpustakaan dirumah ) seperti biasanya, kemudian aku bertanya-tanya tentang masalah ilmiah & setelah usai aku berkata kepada beliau, wahai As-Saikh, aku memohon kepada Syaikh agar memberikan nasihat khusus utkk diriku. 

Asy-Syaikh berkata,”Aku nasihatkan kepada dirimu, sebagaimana aku menasihati utk diriku sendiri & ada tiga perkara :

* Pertama, agar mengamalkan ilmu sekuat tenaga & kemampuannya, karena Allah Ta’ala telah memberikan pujian bagi orang-orang yg mengamalkan ilmu mereka, sebagaimana firman Allah Ta’ala, “(Apakah kamu hai orang musyrik yg lebih beruntung) ataukah orang yg beribadat di waktu-waktu malam dgn sujud & berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat & mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yg mengetahui dgn orang-orang yg tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yg berakallah yg dapat menerima pelajaran “.(QS. Az-Zumar 9)

Dan sebaliknya, Allah Ta’ala memberikan celaan & cercaan kepada mereka yg tidak beramal utk ilmu yg telah diketahui, sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir? “.(QS Al – Baqarah 44)

Baca Selengkapnya :
http://www.rochmadsupriyadi.blogspot.com/2015/02/teladan-seorang-ulama.html?m=1

 Ditulis oleh Ustadz Rochmad Supriyadi, Lc حفظه الله تعالى

⌣̊┈»·̵̭̌✽✽·̵̭̌«┈⌣̊

