Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

• Untaian Nasehat.

Saudaraku seiman yang semoga selalu dalam keselamatan, walaupun syukur itu sukar dilakukan secara sempurna, namun kita harus berusaha menyempurnakan rasa syukur kita kepada Allah.

Salah satu jenis syukur adalah bersyukur dengan amal perbuatan. Maksudnya membalas kenikmatan sesuai dengan haknya. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan perbuatan ketaatan dan menggunakan kenikmatan tersebut untuk taat kepada Allah dan tidak untuk memaksiati Allah. Diantara bentuknya adalah memberikan banyak kebaikan kepada orang lain. Bersyukur sangat dituntut dilakukan dalam keseharian. perilaku yang baik, santun, jujur, ramah tamah adalah bagian dari rasa syukur itu sendiri.

Hal ketiga inilah yang paling penting dalam kehidupan kita sekarang ini. Sehingga Allah memerintahkan keluarga nabi Dawud untuk beramal sebagai wujud syukurnya, dalam firman Allah :

Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakiNya dari gedung-gedung yang Tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah Hai keluarga
Daud untuk bersyukur (kepada Allah). dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (QS Saba’ : 13).

Lebih lengkap : http://m.klikuk.com/jenis-jenis-syukur/  

• Ustadz Kholid Syamhudi, Lc

•Tausiyah Islami Harian via BB,
Daftarkan seluruh anggota keluarga Anda, Add Pin  :7CFF9A24 

Semoga bermanfaat
Sebarkan…
Jazaakumullah khairan

KlikUK.com
Titian Ilmu Penyejuk Qalbu

Para ulama tafsir menafsirkan firman Allah (Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah)) dengan pengertian kerjakanlah pekerjaan kalian sebagai wujud syukur kepada Allah. Dalam ayat ini Allah menjelaskan dengan kata bekerjalah (اعملوا) dan tidak menyatakan:

(Syukurlah) untuk menjelaskan hubungan erat antara tiga macam syukur yaitu syukur dengan hati, syukur dengan lisan dan syukur dengan seluruh anggota tubuh.

 Jenis-Jenis Syukur

%d bloggers like this: