Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Bismillah..

Kajian Pagi
Dari Ustadz Fachruddin Nu’man, Lc حفظه الله

Sebagian ulama berkata,
“Usia adalah modal hidup seorang hamba, ia membelanjakan untuk dirinya, walaupun banyak pada hakikatnya sedikit, walaupun umurnya panjang hakikatnya pendek, cita-cita manusia diputus dengan kema-tiannya.”

Dari sinilah Islam menganjurkan kita agar segera beramal shalih dan tidak boleh menyia-nyiakan waktu tanpa ada manfaat untuk akhiratnya walaupun hanya sebentar. (Fatawa Ulama Azhar 10/331)

Abu Bakar pernah berkhotbah, “Ketahuilah wahai hamba Allah. Kalian hidup pada waktu pagi dan sore. Kalian tidak tahu ajal kalian. Jika kalian mampu menggunakan umurmu untuk beribadah kepada Allah, tentunya kalian tidak akan mampu tanpa pertolongan Allah maka bersegeralah beramal shalih waktu hidupmu sebelum berakhir ajalmu, agar kamu tidak mengakhiri hidupmu dengan kejahatanmu.”

“Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya telah sampai 40 tahun ia berdoa: ‘Ya Rabb tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat yang telah engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang engkau ridhai, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku, sesungguhnya aku bertobat kepada engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri’”. [QS. Al-Ahqaf (46): 15]

Ibnu Katsir berkata,
“Siapapun yang telah menginjak usia 40 tahun harus memperbaharui taubat dan bertekad tidak mengulangi lagi kesalahan serupa”.
(Tafsir Ibnu Katsir, pembahasan surat Al Ahqaf ayat 15)

%d bloggers like this: