Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

693. BBG Al Ilmu – 307

Tanya:
1. Bolehkah kita memindahkah kuburan seseorang ?

2. Bolehkah kita menaroh batu nisan sekedar untuk menandakan saja (misal dengan batu marmar untuk sekedar menuliskan nama, tahun lahir dan wafat) ?

Jawab:
Hukum asal membongkar/memindahkan kuburan adalah terlarang kecuali jika ada alasan yang dibenarkan syariat seperti:

1. Untuk kemaslahatan mayat sendiri. Misalnya, keluar air di kuburan, tanahnya becek, atau di daerah tersebut banyak binatang buas yang sering membongkar kuburan, atau alasan lainnya.

2. Dimakamkan di tanah orang lain, dan pemiliknya tidak rela.

3. Kemaslahatan umum, seperti perluasan masjid/jalan yang tidak mungkin dialihkan ke yang lain, atau kebutuhan umum yang sangat mendesak lainnya.

Terkait tulisan di nisan, Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, “Tulisan di atas (nisan kuburan) ada perinciannya, tulisan yang tidak diinginkan kecuali untuk menetapkan nama untuk menunjukkan kuburannya. Hal ini tidak mengapa. Sementara tulisan yang menyerupai prilaku zaman jahiliyah, menulis nama seseorang dan pujian atasnya bahwa dia melakukan ini dan itu, atau pujian lainnya atau menulis syair, hal ini diharamkan. Hal ini seperti yang dilakukan oleh sebagian orang bodoh dengan menuliskan di batu nisan di kuburan surat Al-Fatihah, sebagai contoh, atau ayat-ayat lainnya. Semuanya ini diharamkan. Bagi orang yang melihat hal itu di kuburan, hendaknya dihilangkan nisannya. Karena ini termasuk kemungkaran yang harus dirubah.” (Syarh Riyadus Shalihin).
والله أعلم بالصواب
Sumber:
http://bbg-alilmu.com/archives/1154

http://islamqa.com/id/ref/174737

»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶

%d bloggers like this: