Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Apa hukum baiat kpd seorang pemimpin kelompok? Suatu aliran? Suatu sekte?

Apa sih arti baiat itu?
Baiat adalah kita bersumpah setia kepada pemimpin negara dan tidak keluar dari ketaatan kpd mereka dalam hal yang tidak maksiat.

Nah fungsinya adalah agar suatu negara yang berdaulat menjadi aman dari pemberontakan dan sejenisnya. Dan kebijaksanaan pemimpin dapat dijalankan dg mudah. Jika perintah mereka tidak untuk maksiat.

Namun sangat disayangkan. Para pemimpin kelompok atau aliran.. atau sekte…ingin menjadikan dirinya seolah suatu pemimpin yang harus dita’ati bahkan mereka mengancam jama’ahnya yang telah baiat agar tidak keluar dari kelompok tsb… ternyata banyak kaum muslimin dibodohi untuk kepentingan pemimpin sesat semacam itu..

Kata imam ahmad bin hambal..: jika kalian melihat suatu kaum berahasia rahasiaan didalam urusan mereka maka ketahuilah mereka dalam kesesatan..

Ini fakta.. bait yang ada pada aliran aliran tsb Selalu ada tutup menutupi.. dan sembunyi sembunyi..

Mereka tidak menggunakan dalil dg benar..
Mereka hanya lihat kisah nabi membaiat sahabat untuk ta’at..tanpa melihat siapa dirinya dibanding nabi yang memang harus kita ta’ati segala sabdanya.. emang pemimpin aliran itu siapa??? Kok bisa merekomendasikan dirinya untuk di bai’at..
Pemimpin negara juga bukan.. apalagi pemimpin umat islam seluruh alam semesta yang Allaah pilih langsung untuk manusia..

Jauh dan sangat jauh antara langit dan sumur borr..

 Ditulis oleh Ustadz Abu Riyadl Nurcholis Majid, Lc حفظه الله تعالى

┈┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈┈

%d bloggers like this: