Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

604. BBG Al Ilmu – 423

Tanya:
Apa benar morokok haram ?

Jawab:
Benar, merokok hukumnya haram berdasarkan firman Allah Ta’ala:
“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisaa: 29).

Sementara kita dan semua orang tahu rokok mengandung ribuan racun yang secara kedokteran telah terbukti merusak dan membahayakan kesehatan. Bahkan membunuh penggunanya secara perlahan. Produsen rokok pun menulis bahayanya merokok di bungkus rokok. Dengan semua peringatan ini masih saja ada orang yang merokok, apakah ini bukan tindakan mengarah kepada bunuh diri ? dan kita semua tahu hukum bunuh diri adalah haram. Ini dari sisi perokok aktif. Bagaimana halnya dengan dampak merokok terhadap mereka yang disebut sebagai perokok pasif ?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak boleh melakukan perbuatan yang membuat mudharat bagi orang lain baik permulaan ataupun balasan.” (HR. Ibnu Majah. Hadis ini di shahihkan oleh Albani).

Dampak yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif. Berbagai penelitian di berbagai negara barat menunjukkan bahwa 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap.

Oleh karena itu tepatlah fatwa MUI yang mengharamkan rokok, begitu juga Dewan Fatwa Arab Saudi yang mengharamkan rokok, melalui fatwa no 4947 yg isinya: “Merokok hukumnya haram, menanam bahan bakunya (tembakau) juga haram serta memperdagangkannya juga haram, karena rokok menyebabkan bahaya yang begitu besar”
والله أعلم بالصواب
Sumber:
http://www.konsultasisyariah.com/hukum-rokok-dalam-islam/ 

»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶

%d bloggers like this: