Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Kekufuran, kesyirikan dan Maksiat merupakan salah satu faktor terbesar penyebab datangnya musibah. Hal ini dengan jelas dapat kita ketahui dari ayat2 al-Qur`an yang banyak menceritakan umat2 terdahulu yang telah Allah ta’ala binasakan lantaran kekufuran mereka kepada-Nya.

Perhatikanlah kisah kaum nabi Luth, maksiat yang menjadi ciri khas hidup mereka adalah perbuatan Homoseksual.

Lihat pula kisah kaum Nabi Nuh ‘alaihissalam yang Allah timpakan banjir bandang yang tiada duanya. Lihat pula kisah Tsamud dan ‘Aad yang dibinasakan lantaran kekufuran mereka kepada Tuhan alam semesta.

Dan masih banyak lagi kisah-kisah nyata lainnya, yang menjadi bukti nyata bahwa semakin jauhnya manusia dari Allah menjadi faktor datangnya kehancuran dan kebinasaan. Cukuplah semua itu menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Dan semua itu tercatat rapi di dalam ayat2 Ilahi yang begitu banyak sekali.

Allah ta’ala menyebutkan bahwa berbagai bencana yang terjadi di muka bumi, di darat dan di laut, dikarenakan oleh ulah tangan manusia, akibat perbuatan dosa mereka kepada-Nya. Sengaja Allah ta’ala timpakan kepada mereka, agar mereka kembali kepada jallan yang lurus. Allah ta’ala berfirman: “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”
(QS. ar-Rum: 41)

Allah juga berfirman: “Dan musibah apa saja yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan2mu).”
(QS. asy-Syuro: 30)

Firman-Nya: “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari sebab (kesalahan) dirimu sendiri.”
(QS. an-Nisa`: 79)

Brbagai macam adzab telah Allah timpakan kepada umat2 terdahulu, adakah umat lain yang akan menyusulnya?

%d bloggers like this: