Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Wahai saudara-saudariku yg kami hormati, perhatikanlah hadits berikut ini;

Khalid bin Ma’dan, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم pernah  melihat seseorang yg shalat, sedangkan di punggung kakinya ada bagian sebesar uang dirham yg tdk terbasuh air wudhu, maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم  memerintahkannya utk mengulang wudhu’ dan shalatnya. [Hadits riwayat Abu Dawud: 175]

Dalam riwayat yg lain, Nabi صلى الله عليه وسلم  bersabda, sbagaimana yg diriwayatkan dari sahabat Umar bin Khattab Radhiyallahu رضي الله عنه:

“Bahwasanya ada seorang laki-laki berwudhu dan meninggalkan bagian yg belum dibasuh (dari air wudhu’nya) sebesar kuku pada kakinya. Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam melihatnya maka Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam mengatakan, “Kembalilah berwudhu, perbaguslah wudhumu” ( Riwayat Muslim :243)

Fawaid hadits:

Kedua hadits trsbt diatas menunjukkan tentang ancaman yg sangat keras bagi seseorang yg tdk menyempurnakan wudhu’nya dan yg tdk mengikuti cara wudhu Nabi صلى الله عليه وسلم, bahkan dalam satu riwayat beliau mengancamnya dgn api neraka terhadap orang yg tdk mencuci kedua kakinya dengan sempurna, dan permasalahan ini sering kali diremehkan oleh setiap muslim dan muslimah. Utk itu wahai saudara-saudariku, kami menasehati utk diri kami dan saudara-saudariku sekalian utk mempelajari “Sifat Wudhu’ Nabi” berdasarkan dalil dari alqur’an dan sunnah yg shohih. Dan mempelajarinya adalah suatu kewajiban yg sangat penting dalam islam.

Ingatlah wahai saudara-saudariku!

Bahwa kunci shalat adalah berwudhu…

Semoga tulisan yg ringkas ini memberikan manfaat untuk kita semua, agar kita lebih memperhatikan wudhu kita dgn baik, dan kelak kita memohon kepada ALLAH agar menerima amal ibadah kita oleh ALLAH سبحانه وتعالى  dan sebagai pemberat timbangan kembaikan kita nanti pada yaumul qiyamah.

 Ditulis oleh Ustadz Ahmad Ferry Nasution حفظه الله تعالى

┈┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈┈

%d bloggers like this: