Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Dari Anas, dari ‘Ubadah bi Shamit, dari Nabi صلى الله عليه وسلم beliau bersabda: “Barangsiapa yang cinta berjumpa dengan اللّهُ , niscaya اللّهُ cinta berjumpa dengannya, dan barangsiapa yang tidak suka berjumpa dengan اللّهُ , niscaya اللّهُ tidak suka berjumpa dengannya”.
Berkata Aisyah atau sebagian dari istri beliau: “Sesungguhnya kami tidak menyukai kematian”.
Beliau menjawab: “Bukan demikian (yang dimaksud). Akan tetapi seorang mu’min apabila hampir mati, maka dia diberi kabar gembira akan keridhaan اللّهُ dan kemuliaanNya. Maka tidak ada sesuatupun yang lebih dia cintai selain dari apa yang ada dihadapannya (yaitu keridhaan dan kemuliaan dari اللّهُ). Maka dia pun cinta berjumpa dengan اللّهُ dan اللّهُ cinta berjumpa dengannya. Dan sesungguhnya orang kafir apabila hampir mati, maka dia diberi kabar gembira akan mendapat azab اللّهُ dan siksaan-Nya. Maka tidak ada sesuatupun yang lebih dia tidak sukai selain dari apa yang ada dihadapannya (yaitu azab اللّهُ). Maka dia pun tidak suka berjumpa dengan اللّهُ dan اللّهُ pun tidak suka berjumpa dengannya”. (HR. al-Bukhari:6507 dan Muslim:2683, 2684).

[Kitab ZUHUD & RIQAA-‘IQ Bab 49, Meniti Zuhud Islami Menapaki Kelembutan-Kelembutan Hati, Al Ustadz Abdul Hakim Bin Amir Abdat Hafizahullah].
– – – – – – 〜✽〜 – – – – – –

%d bloggers like this: