Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين رسول الله محمد صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، أما بعد…
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ikhwatul Iman, semoga Alloh Subhaanahu Wa Ta’ala merahmatiku dan merohmati kalian semua.
Insya Alloh pada kesempatan ini kita akan kembali bersama bergabung dalam majlis Ilmu Insya Alloh, yaitu majlis mempelajari dan mengkaji Bahasa Arab. Pada perjumpaan kita yang kedua ini lewat jaringan BBG eLSAD kita akan membahas materi pelajaran pertama pada kitab Al ‘Arobiyyah Baina Yadaik, Kitab Pertama Jilid Pertama, dan kita langsung saja masuk ke dalam materi.
Pada bagian pertama dalam kitab ini kita akan mempelajari percakapan yang berkaitan dengan التحية / At Tahiyyatu (Salam penghormatan) dan التعارف / At Ta’aaruf (Perkenalan).
Mari sama-sama kita buka halaman ke 2 pada kitab Al ‘Arobiyyah Baina Yadaik juga mungkin nanti bisa sambil disimak dan didengar dari CD panduannya di File suara yang pertama.
الأولالحوار / Al Hiwaarul Awwal (percakapan pertama)
Percakapan antara Khalid dan Khalil
خالد: السلام عليكم
خليل: وعليكم السلام
خالد: اِسْمِيْ خَالِد ، مَا اسْمُكَ ؟
خليل: اِسْمِيْ خَلِيْل .
خالد: كَيْفَ حَالُكَ ؟
خليل: بِخيرٍ ، والحمد لله . وكيف حالكَ أنتَ ؟
خالد: بِخيرٍ ، والحمد لله .
Pada percakapan di atas, sekilas kita akan memahami percakapan singkat yang berkaitan dengan perkenalan antara dua orang yang tadinya tidak saling mengenal yaitu Khalid dan Khalil. Mereka berjumpa dan saling bertanya tentang nama dan kabar keadaan masing-masing. Percakapan ini untuk laki-laki karena menggunakan Dhomir atau kata ganti orang nya untuk laki-laki yaitu أَنْتَ / Anta (kamu) karena memang sudah jelas bahwa Khalid dan Khalil adalah laki-laki serta menggunakan Dhamir Nashab untuk Anta yaitu كَ / Ka.

Sengaja kami tidak menterjemahkan percakapan di atas dimaksudkan agar para member bisa berusaha sendiri untuk memahami dan menterjemahkannya sendiri supaya bisa lebih berkembang pemahaman bahasa arabnya dan lebih termotivasi untuk menghafalkan kosa-katanya yang akan kami tulis pada bagian terakhir pada setiap kajian karena setiap kosa-kata pada setiap pelajaran ini wajib di hafal apabila ingin dapat mengerti pelajaran lebih baik dan dapat mengikuti pelajaran-pelajaran pada jenjang selanjutnya.
Sekarang kita akan lanjutkan kepada percakapan kedua yang masih berkaitan dengan perkenalan akan tetapi percakapan sekarang untuk Perempuan.

الحوار الثاني / Al Hiwaar Ats Tsaniy, Percakapan ke dua
Percakapan antara Khawlah dan Khadijah
خولة: السلام عليكم
خديجة: وعليكم السلام
خولة: اِسْمِيْ خَوْلَة ، مَا اسْمُكِ ؟
خديجة: اِسْمِيْ خَدِيْجَة .
خولة: كيف حالكِ ؟
خديجة: بخيرٍ ، والحمد لله . وكيف حالكِ أنتِ ؟
خولة: بخيرٍ ، والحمد لله .
Pada percakapan di atas, kembali sekilas kita akan memahami percakapan singkat yang berkaitan dengan perkenalan antara dua orang yang tadinya tidak saling mengenal yaitu Khawlah dan Khadijah. Mereka berjumpa dan saling bertanya tentang nama dan kabar keadaan masing-masing. Percakapan ini untuk perempuan karena menggunakan Dhomir atau kata ganti orang nya untuk perempuan yaitu أَنْتِ / Anti (kamu) karena memang sudah jelas bahwa Khawlah dan Khadijah adalah perempuan serta menggunakan Dhamir Nashab untuk Anta yaitu كِ / Ki.

Sekarang bagi para member silahkan dua percakapan tersebut di atas dihafalkan dan dipraktekan dengan teman-teman yang lain yang sama-sama juga belajar bahasa arab atau yang sudah bisa bahasa arab untuk menjadi teman dalam belajar terutama teman dalam percakapan bahasa arab. Ulang-ulang percakapan di atas sambil menyimak contoh pengucapannya dari CD Panduan pertama pada file suara yang pertama, semua telah disiapkan pada paket Kitab Al Arobiyyah Baina Yadaik.
Kita akan kaji lagi pelajaran selanjutnya pada pertemuan selanjutnya mendatang. Insya Alloh. Selamat belajar, tetap semangat dan sabar dalam belajar. Semoga Istiqomah.
المُفْرَدَاتُ Kosa Kata /
اِسْمٌ: Nama
مَا:Apa
كَيْفَ:Bagaimana
حَالٌ:Keadaan
خَيْرٌ:Baik/Sehat
أَنْتَ: Kamu (Lk)
أَنْتِ:Kamu (Pr)
يْ: Aku
كَ:Kamu (Lk)
كِ:Kamu (Pr

Kaum Muslimin yang dimuliakan Alloh Ta’ala, Member eLSAD yang terhormat. Mungkin sekiranya cukup dulu pembahasan singkat untuk kedua percakapan-percakapan singkat di atas. Kami meminta kepada para Member untuk bisa serius, bersungguh-sungguh, serta bersabar dalam belajar, jangan mudah bosan dan terburu-buru ingin dapat menguasai tanpa melalui proses belajar yang maksimal.

%d bloggers like this: