Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Tanya:
Ust, bisakah kita Sedekah dgn niatnya memohon pertolongan اَللّهُ سبحانه وتعالى dan untuk kelancaran khamilan dan operasi khamilan agr ana+bayi kuat, sehat dan selamt lhr batin.. ?? ​جَزَاك اللّهُ خَيْرًا atas penjelasannya.

(Dr ai 66)

Jawab:
Bismillah. Ibu R…a UH yg smg dirahmati Allah, jika seseorang beribadah kpd Allah dengan ibadah apapun trmsuk sedekah, jika dia niatkan karena mengharap wajah Allah dan sekaligus ingin mendapatkan maslahat dunia seperti kesembuhan penyakit, kelapangan rezeki, kelancaran n keselamatan dlm proses kelahiran atau selainnya, maka menurut pndpt para ulama yg rojih ialah bahwa hal itu hukumnya BOLEH dan bukan trmsuk dlm makna beramal ibadah demi mengharapkan harta dan kepentingan dunia semata yg merupakan salah satu bentuk syirik kecil.

Diantara dalil yg dijadikan dasar hukum bolehnya hal ini ialah adanya bbrpa ayat Al-Quran dan hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam yg memerintahkan kita agar selalu bertakwa kpd Allah, dan Allah menerangkan buah yg diperoleh dari takwa jika kita melaksanakan perintah-Nya itu, spt firman Allah ta’ala:
“waman yattaqillaha yaj’al lahu makhrojan wa yarzuqhu min haitsu la yahtasib.”

Artinya: “barangsiapa yg bertakwa kpd Allah niscaya Allah menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yg tidak ia sangka2.” (QS. Ath-Tholaq: 2-3).

Dan di dalam hadits yg shohih, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Man Ahabba an yunsa’a lahu fi atsarihi wa yubsatho lahu fi rizqihi fal yashil rohimahu.”

Artinya: “barangsiapa yg suka dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya maka hendaknya ia menyambung tali silaturhmi.” Dan masih banyak dalil2 syar’i yg semisal ini.

Contoh lain, jika ada ada seorang pemuda/i yg berupaya menghiasi dirinya dengan akhlak yg mulia, dengan niat mencari ridho Allah dan dengan tujuan agar mendapat jodoh yg baik (calon istri sholihah / suami sholi) maka hal ini jg hukumnya BOLEH.

Jadi kesimpulannya, bersedekah dengan niat mengaharap ridho Allah dan agar dimudahkan Allah dlm proses kelahiran adalah hukumnya BOLEH dan bahkan mendatangkan pahala bagi pelakunya, meskipun tidak sesempurna orang yg beribadah dengan niat murni karena Allah tanpa ada tujuan duniawi sedikitpun. Demikian jawaban yg dpt sy sampaikan. smg mudah dipahami n mnjadi tambahan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua.

%d bloggers like this: