Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ (97)
97. Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.

SEBAB TURUNNYA AYAT: Mengenai sebab turunnya ayat ini ada kisah yang sah selain dari kisah Abdullah bin Salam.'” Diketengahkan oleh Ahmad, Tirmizi dan Nasai dari jalur Bakr bin Syihab, dari Said bin Jubair dari Ibnu Abbas, katanya, “Orang-orang Yahudi datang kepada Rasulullah, kata mereka, ‘Wahai Abu Qasim! Kami menanyakan kepada Anda lima perkara, sekiranya Anda dapat menjawabnya, yakinlah kami bahwa Anda seorang Nabi’, maka disebutnyalah hadis tersebut, yang di antaranya ialah bahwa mereka menanyakan kepadanya tentang apa-apa yang diharamkan oleh Bani Israel terhadap diri mereka, tentang tanda kenabian, tentang petir dan bunyi gemuruhnya, mengenai siapa yang menyampaikan kepadanya berita dari langit, sampai-sampai mereka menanyakan, ‘Ceritakanlah kepada kami siapa sahabat Anda!’ Jawab Nabi sallallahu aalaihi wassalam., ‘Jibril.’ Kata mereka, ‘Jibril? Itulah yang menyalakan peperangan dan pertempuran serta siksaan dan musuh kami. Seandainya Anda menyebutkan Mikail yang menurunkan rahmat, hujan, dan tumbuh-tumbuhan, maka tentulah akan lebih baik!’ Maka turunlah ayat tersebut.”
Tafsir:

97.Kataknlah wahai Rasul kepada orang-orang Yahudi saat mereka berkata, “Malaikat musuh kami adalah Jibril”. Katakan kepada mereka, “Barangsiapa menjadi musuh bagi Jibril, maka dia menurunkan al-Qur’an ke hatimu dengan izin Allah yang membenarkan kitab-kitab Allah yang membenarkan nya, memberi kabar gembira berupa kebaikan dunia dan akhirat bagi orang-orang yang membenarkannya”.
(Terjemahan Al Muyassar )
Assunnah

%d bloggers like this: