Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

PERTAMA : UCAPAN DOA KETIKA MELIHAT SAUDARANYA DIKARUNIA PUTRA / PUTRI
Ana sering melihat beberapa ikhwan dan akhwat mengucapkan ucapan selamat kepada ikhwan / akhwat lainnya yang dikarunia barokah dan amanah yang sangat besar yaitu berupa kelahiran putra atau putri dengan doa dan pengharapan yang bagus dan baik sesui keinginan sang pengucap , namun akan lebih baik , lebih indahnya dan lebih lebih selamat jika kita mengucapkan ucapan doa tersebut sesui dengan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah sallahu ‘alaihi wasalam, karena memang agama islam ini sempurna dan lengkap , Allah dan Rasulullah telah mengajarkan dan menyampiakan syari’at islam secara lengkap dan sempurna, tidak ada satupun syari’at yang disembuyikannyanya , sebagaimana firman Alloh ta’ala:
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا (٣)
“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu.” (Al-Maaidah: 3)
Dalam ayat ini Allah mengkabarkan bahwa agama Islam telah Allah sempurnakan bagi kita. Dan nikmat yang tidak diberikan kepada selain umat islam. Kesempurnaan islam meliputi segala sesuatu baik dari segi akidah, akhlak, muamalah, ibadah dan lain sebagainya. Sehingga semua perkara yang baik bagi manusia di dunia dan akhirat telah dijelaskan. Demikian pula setiap perkara yang jelek bagi manusia di dunia dan akhirat pasti telah disebutkan larangannya. Bukan hanya landasan dan pokok dalam agama saja yang telah Allah sempurnakan. Tetapi kesempurnaan ini mencakup seluruh aspek kehidupan.

Bahkan dalam perkara buang air besar yang sebagian orang kurang mempehatikannya. simaklah apa yang disampaikan oleh seorang shahabat yang mulia Abu Dzar Al Ghifari z yang mengatakan, “Rasulullah ` telah meninggalkan kita, dan tidaklah ada satu burung pun yang mengepakkan sayapnya, kecuali beliau telah menyebutkan ilmu tentangnya. kemudian beliau berkata, Rasulullah telah bersabda, ‘tidaklah ada yang tersisa dari sesuatu yang mendekatkan diri kepada surga dan menjauhkan dari neraka kecuali (semua) telah dijelaskan kepada kalian.” [H.R. Thabarani dengan sanad yang shahih].

Begitu pula jika kita ingin megucapkan ucapan selamat dan mendoakan seseorang yang dikarunia putra / putri , Rasulullah telah mengajarkannya pada kita semua , berikut ini doa yang selayaknya kita ucapkan kepada saudara kita yang di karunia putra / putri :

UCAPAN SELAMAT BAGI ORANG YANG DIKARUNIAI ANAK

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ. 
“Semoga Allah memberkahimu dalam anak yang diberikan kepadamu. Kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta kamu dikaruniai kebaikannya.”

BALASAN / JAWABAN UCAPAN /DOA DIATAS:
وَيَرُدُّ عَلَيْهِ الْمُهَنَّأُ فَيَقُوْلُ: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ، وَأَجْزَلَ ثَوَابَكَ.

Sedang orang yang diberi ucapan selamat membalas dengan mengucapkan: “Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipat gandakan pahalamu.”

( Lihat Al-Adzkar, karya An-Nawawi, hal. 349, dan Shahih Al-Adzkar lin Nawawi, oleh Salim Al-Hilali 2/713)

%d bloggers like this: