Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Ar Rabi’ berkata: “Aku pernah mendengar beliau (Asy Syafi’i) pernah ditanya oleh seorang lelaki: “Apakah engkau berpendapat dengan hadits yang engkau sebutkan itu wahai Abu Abdillah?” Beliau menjawab: “Apabila aku meriwayatkan hadits, lalu tidak kujadikan sebagai pendapatku, aku jadikan kalian semua sebagai saksi bahwa akalku sudah hilang.”

Al Humaidi berkata: “Suatu hari Imam Syafi’i meriwayatkan satu hadits. Aku lantas bertanya: “Apakah engkau menjadikannya sebagai pendapatmu?” Beliau menjawab: “Apakah engkau aku sedang keluar dari gereja? Atau aku tengah mengenakan sabuk (simbol Ahli Kitab), sehingga ketika aku mendengar satu hadits dari Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tidak kujadikan sebagai pendapatku?”
(Siyaru A’laamin Nubalaa’ X : 34)

Ar Rabi’ juga pernah berkata: “Aku pernah mendengar Asy Syafi’i menanyakan: “Langit mana lagi tempat aku berteduh, dan bumi mana lagi tempat aku berpijak, apabila aku meriwayatkan hadits Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- lalu tidak kujadikan sebagai pendapatku?”
(Siyaru A’laamin Nubalaa’ X : 35)

