Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

1.Diantara fitnah akhir zaman yaitu merajalelanya kesyirikan,adanya ketidak ketahuan umat islam akan makna kalimah Tauhid Laa Ilaaha Illalah,manusia yang menyerupai kaum Yahudi dan Nasrani dlm memuja kuburan. Sedangkan orang2 musyrik skr lebih dari sekedar musyrik termasuk dlm musyrik rububiyah krn menganggap segala sesuatu selain Allah dpt memberikan kenikmatan sampai kpd kondisi mereka ditimpa musibah sekalipun, kesyirikan meminta berkah kpd orang2 saleh termasuk kpd org fasik dan kafir, seseorang yang kondisi pagi hari dlm keadaan beriman sore harinya kembali kpd kesyirikan.
Syirik artinya menyekutukan Allah dengan sesuatu, memalingkan ibadah kepada selain Allah. Syirik adalah menjadikan sekutu bagi Allah, misalnya menyembah patung, kubur, pohon, dan lainnya. Atau berdo’a kepada Allah&kepada makhluk, meminta pertolongan di saat sulit kepada penghuni kubur, apakah itu kubur Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam-, kuburan para sahabat, wali atau yang lainnya dari bentuk-bentuk kesyirikan yang lain.

Adapun syirik itu banyak macamnya; ada syirik besar, ada syirik kecil, ada syirik dalam masalah Rububiyyah, Uluhiyyah, maupun syirik dalam masalah asma’ wa shifat.

Syirik adalah dosa besar yang paling besar, kezhaliman yang paling zhalim, kemungkaran yang paling mungkar, kotoran hati dan perusaknya. Orang berbuat syirik adalah najis hatinya dan keyakinannya. Allah berfirman:

{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ فَلَا يَقْرَبُوا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ بَعْدَ عَامِهِمْ هَذَا … }

“Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis (jiwa, hati dan keyakinnya), karena itu janganlah mereka mendekati Masjidil Haram setelah tahun ini.” (QS. At Taubah: 28)
Selain itu munculnya orang2 munafik yg menjual agama utk kepentingan dunia, yg salah satunya akan menghancurkan umat islam dgn membuat umat islam jatuh kpd kekufuran.
Begitu pula nifaq (sifat munafik), yaitu menampakkan Islam

namun hatinya benci kepada Islam. Orang munafik adalah orang yang hatinya sakit dan bertambah sakit.
Mari kita simak firman اللهُ berikut ini yang menunjukkan bahwa kemunafikan merusak hati seseorang:
{ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ }

“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat adzab yang pedih karena mereka berdusta.” (QS. Al Baqarah: 10)
2. Makna Fitnah dlm Al-Qur’an adalah kesesatan atau kerusakan. Dalam hadits disebutkan bahwa ada kejadian dimana nanti manusia tdk mengambil contoh ibadah dan tauladan dariku (Rasulullah) sehingga banyak muncul kebid’ahan (adanya kabut yang menutup kebaikan) dan para juru dakwah yg menyeru kpd kesesatan dan menjerumuskan kedlm neraka, maka Hudzaifah bertanya lg bagaimana jika mendapati kejadian spt itu? Rasulullah menjawab tetaplah dlm jamaah kaum muslimin sekalipun engkau sendirian.

Munculnya kelompok firqoh2 sesat
– Syiah (pengkhianat thd ahlul bait dan Sahabat رضي الله عنه )
– Khawarij (berlebihan dlm ibadah/ghuluw)
– Qodariyah (iman tergantung rahmat Allah,terima takdir keburukan)
– Murji’ah (keyakinan iman hanya dlm lisan)
3. Fitnah yang berkaitan dgn syahwat
Munculnya maksiat2 dan kejahatan serta keburukan akhlak. Ada 5 perkara yang aku berlindung kpd Allah agar tdk menimpa kpd kalian:
– Tidaklah tersebar perzinahan kpd suatu kaum smp mereka melegalisasikan (menghalalkan perzinahan).
– Tidaklah suatu kaum mengurangi takaran atau timbangan kecuali Allah akan memberikan kemiskinan,kesulitan nafkah dan musim kemarau yg panjang thd kaum tsb
– Tidaklah suatu kaum menahan zakat2 mereka, tdk shalat dan tdk shaum
– Tidaklah suatu kaum melanggar atau membatalkan perjanjian mereka dgn Allah dan Rasul-Nya (perselisihan kpd syariat islam)
– Tidak berhukum dgn hukum Allah kecuali akan muncul keburukan pada umat ini

%d bloggers like this: