Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Ketahuilah wahai saoudaraku bahwa yang menjadi tujuan kita bukanlah sekedar banyaknya ilmu akan tetapi kualitas amalnya. Karena seharusnya semakin bertambah ilmu agama semakin bertambah baik kualitas ibadahnya kepada Allah yang didorong rasa takut kepada Nya dengan rasa takut yang tidak membuat putus asa.

Anas Bin Malik berkata, “Rasulullah pernah menyampaikan khutbah kepada kami dengan satu khutbah yang belum pernah aku dengar sama sekali, nabi berkata (di dalam khutbah tersebut): “Seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui (berupa kengerian akherat, indahnya surga dan menakutkannya neraka) pasti kalian sedikit tertawa dan banyak menangis.” (Anas berkata): “Para sahabat Rasulullah ketika itu langsung menundukkan wajah-wajah mereka dan mereka menangis terisak-isak.” (HR. Bukhari Muslim, riyadhus shalihin no. 401)

Syaikh Salim Al Hilaly berkata:“Seorang mu’min setiap kali bertambah ilmunya tentang kebesaran dan keagungan Allah serta kemuliaan Nya bertambah pula rasa takutnya terhadap siksa-Nya, sebagaimana pula bertambah ambisinya terhadap pahala dari Allah Ta’ala, lalu dia meninggalkan maksiat dan memperbanyak ketaatan.”

Beliau juga berkata: “Diantara sifat seorang mu’min adalah takut dan hormat kepada Allah, akan tetapi tidak sampai putus asa dan menyerah dari kasih sayang Allah.” (Bahjatun Nazhirin (1/343-347))

Ust. Abu Riyadl Nurcholis Majid Ahmad

%d bloggers like this: