Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

(*). Abu Dzarr رضي الله عنه berkata:
“Kekasihku (Rasulullah) صلى الله عليه وسلم berwasiat kepadaku dengan tujuh hal:

. supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka,

. beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku,

. beliau memerintahkan agar aku menyambung silaturahmiku meskipun mereka berlaku kasar kepadaku,

. aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan laa hawla wa laa quwwata illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah),

. aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit,

. beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam berdakwah kepada Allah, dan

. beliau menasehatiku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia”

(HR. Ahmad 5: 159, shahih).

