Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

تَلَا ث مَن كن فه اظله ا لله تَحت ظلّ عر شه يو م لاظل Iلا ظله الو ظو ٍ عل الكا ر ه و المشي ا لي ا لمسا جد في الظلم و اٍ طعا م ا لج ٍٍِعِ

” Tiga hal, bila terkumpul pada seseorang maka pastilah Allah Subhanahuwataala akan menaunginya kelak di hari kiamat di bawah naungan ‘Arsy (singasanaNya) ketika tidak ada naungan kecuali naunganNya. Yaitu melakukan wudhu dari akibat perbuatan yg tdk disenangi, berjalan ke mesjid dalam kegelapan dan memberi makan orang yg kelaparan”

Analisa:
Hadits Maudhu’ telah dikeluarkan oleh as- Suyuti dalam kitabnya al-Jami’ ash-Shaghir dg sumber sanad dari jabir Radiallahuanhu.

Menurut Syaikh dlm hal ini al-Manawi tlh berbuat teledor krn tidak memvonis hadits ini ketika menjelaskannya dalam syarah kitab al-Jami’ ash Shaghir. Padahal riwayat ini sana seperti riwayat Imam Tirmidzi yg olehnya dinyatakan sebagai hadits yg maudhu’ jadi semestinya al-Manawipun memvonis hadits ini sebagai hadits maudhu.
Inilah salah satu ketelodaran al-Manawi.
Wallahu’alam bishowab . Semoga manfa’at

فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ ِبِِِِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.

Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad صلى الله عليه وسلم , seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan dalam agama, setiap yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat dan setiap kesesatan itu tempatnya di neraka.

%d bloggers like this: