Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

Al Muyassar
Admin Assunnah
فَقُلْنَا اضْرِبُوهُ بِبَعْضِهَا كَذَلِكَ يُحْيِي اللَّهُ الْمَوْتَى وَيُرِيكُمْ آَيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ (73)
73. Lalu Kami berfirman: “Pukullah mayat itu dengan sebahagian anggota sapi betina itu !” Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati, dam memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaanNya agar kamu mengerti [64].

[64] Menurut jumhur mufassirin ayat ini ada hubungannya dengan peristiwa yang dilakukan oleh seorang dari Bani Israil. Masing-masing mereka tuduh-menuduh tentang siapa yang melakukan pembunuhan itu. Setelah mereka membawa persoalan itu kepada Musa a.s., Allah menyuruh mereka menyembelih seekor sapi betina agar orang yang terbunuh itu dapat hidup kembali dan menerangkan siapa yang membunuhnya setelah dipukul dengan sebahagian tubuh sapi itu.

Tafsir:

73. Kami berfirman, “Pukullah korban dengan bagian apapun dari sapi yang di sembelih tersebut, karena Allah akan menghidupkan nya dan dia akan mengatakan nya kepada kalian siapa yang telah membunuh nya”. Maka mereka melakukan nya dan Allah pun menghidupkan nya. Selanjut nya dia mengatakan siapa yang telah membunuh nya. Begitulah Allah menghidupkan orang-orang yang sudah matidi Hari Kiamat dan memperlihatkan kepada kalian wahai Bani Isra’ilmmukjizat-Nya yang menunjukkan kekuasaan-Nya yang sempurna. Agar kalian menggunakan akal kalian untuk merenungkan nya sehingga kalian tidak lagi mendurhakai nya .

(Al Muyassar terj: 1/42)

%d bloggers like this: