Skip to content

EoiN

Growing Spiritually in Grace and Peace

قَالَ إِنَّهُ يَقُولُ إِنَّهَا بَقَرَةٌ لَا ذَلُولٌ تُثِيرُ الْأَرْضَ وَلَا تَسْقِي الْحَرْثَ مُسَلَّمَةٌ لَا شِيَةَ فِيهَا قَالُوا الْآَنَ جِئْتَ بِالْحَقِّ فَذَبَحُوهَا وَمَا كَادُوا يَفْعَلُونَ (71)
71. Musa berkata: “Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak pula untuk mengairi tanaman, tidak bercacat, tidak ada belangnya.” Mereka berkata: “Sekarang barulah kamu menerangkan hakikat sapi betina yang sebenarnya”. Kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu [63].

[63] Karena sapi yang menurut syarat yang disebutkan itu sukar diperoleh, hampir mereka tidak dapat menemukannya.

Tafsir:

71. Maka Musa berkata kepada mereka, “Sesungguh nya Allah berfirman, ‘Ia adalah sapi yang tidak jinak yang telah digunakan untuk membajak sawah untuk pertanian, tidak di gunakan untuk menyiram tanaman, bebas dari segala cacat, di kulit nya tidak ada warna lain selain warna kulit nya”. Mereka menjawab, “Sekarang engkau telah mendatangkan ciri sapi yang sebenarnya”. Mereka akhirnya menyembelih setelah melalui proses negoisasi panjang dan mereka hampir saja tidak kuasa karena penentangan mereka. Manakala mereka mempersulit diri, Allah pun mempersulit atas mereka .

%d bloggers like this: